Review Jurnal

Review Jurnal
Judul
Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Menggambar Bebas
Jurnal
e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha
Jurusan PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Volume
Volume 2 No 1
Tahun
 2014
Penulis
Ni Putu Eka Tirtayati, Ni Ketut Suarni & Mutiara Magta
Reviewer
HENI SAFITRI HASBUR (105450006015)
Tanggal
01 Juni 2017
Tujuan Penelitian
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  peningkatan  kreativitas  anak  melalui  menggambar bebas  dengan  metode  pemberian  tugas  pada  kelompok  B semester  II  tahun  pelajaran 2013/2014 di TK Panji Widia Kumara Singaraja.
Subjek Penelitian
Penelitian  ini  dilaksanakan  dengan subjek penelitian anak kelompok B TK Panji Widia Kumara Singaraja yang berjumlah 19 anak, terdiri dari 9 perempuan dan 10 laki-laki
Analisis Data
Data  dalam  penelitian  ini  dianalisis dengan  menggunakan  metode  analisis deskriptif kuantitatif.
Metode Penelitian
Jenis penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan  Kelas  (PTK).
Hasil Penelitian
Dari  hasil  observasi,  pada  siklus  I diperoleh  data  bahwa  rata-rata  skor  anak adalah  11,84  dan  rata-rata  persentase kreativitas  anak  adalah  74,00%,  jika  di konversikan  dengan  PAP  skala  lima  anak masuk  kriteria  sedang.  Dilihat  dari  refleksi terhadap pelaksanaan tindakan pada siklus terlihat  adanya  kendala-kendala  yang muncul  dalam  proses  pelaksanaannya. Kendala-kendala  tersebut  disebabkan  oleh beberapa hal yaitu a). Masih ada beberapa anak  yang  kurang  baik  memperhatikan materi  pelajaran  yang  dijelaskan.  b).  Saat melakukan  kegiatan  menggambar,  masih banyak anak yang kurang disiplin waktu. Hal  ini  terlihat  dari  kegiatan menggambar  yang  melebihi  batas  waktu yang  telah  ditetapkan.  c).  Selama pelaksanaan  pada  siklus  I  ini,  anak  belum mampu  bersosialisasi  dengan  teman kelompok.Terlihat  anak  belum  bersikap sosial  dalam  memberikan  temannya meminjamkan  alat-alat  menggambar. Bertolak  dari kekurangan-kekurangan  yang dihadapi pada siklus I, didiskusikan kembali tindakan  untuk  selanjutnya  yang  akan
diterapkan  pada  siklus  II.  Perbaikan  yang dilakukan  diantaranya  a).  Sebelum melakukan  tindakan  pada  siklus  II,  anak diberikan  penjelasan  tentang  kegiatan menggambar, agar anak memiliki kesiapan dalam  melakukan  kegiatan  pembelajaran dengan  menggunakan  metode  pemberian tugas melalui kegiatan menggambar bebas untuk  meningkatkan  kognitif  dan  antusias anak,  b).  Selalu  memberikan  penghargaan kepada  anak  yang  sudah  terlibat  dalam pembelajaran.  Selain  hal  tersebut  peneliti memotivasi  anak dengan  memberikan pertanyaan-pertanyaan  sederhana  yang
berkaitan  dengan  meningkatkan  kognitif anak,  c).  Peneliti  dengan  dibantu  guru kelompok  B  perlu  mengawasi  dan mengingatkan  anak  secara  menyeluruh agar  anak  dapat  berhubungan  sosial. Sehingga  hubungan  sosial  anak  yang  satu
dengan  anak  yang  lainnya  menjadi  lebih baik,  d). Memberikan  pemahaman  kepada anak  agar  anak  benar-benar memperhatikan baik kegiatan didalam kelas maupun  kegiatan  sosial.  Sehingga peningkatan  kreativitas  anak  menjadi  lebih
baik dan mengalami peningkatan. Rancangan  tindakan  pada  siklus  II yang  merupakan  perbaikan  tindakan  pada siklus  I,  memberikan  peningkatan kreativitas  anak  melalui  kegiatan menggambar  bebas  anak.  Dari  hasil observasi,  pada  akhir  siklus  II  diperoleh data bahwa rata-rata skor adalah 13,89 dan
rata-rata  persentase  anak  mencapai 86,81%  jika  dikonversikan  sengan  PAP skala lima rata-rata persentase peningkatan kreativitas  anak  termasuk  dalam  kriteria tinggi,  sehingga  rata-rata  persentase kreativitas  anak  dari  siklus  I  ke  siklus  II meningkat  sebesar  12,81%  yaitu  dari 74,00% pada siklus I menjadi 86,81% pada siklus II. Pada  siklus  II,  anak  sudah  mulai terbiasa  menggunakan  metode  pemberian tugas  untuk  meningkatkan  kreativitas  anak melalui kegiatan menggambar bebas, anak juga  sangat  antusias  dan  kreativitas  anak meningkat dalam menggambar dan terlihat sangat  senang  dalam  mengikuti  pelajaran dan  anak  juga  merasa  semua  usahanya
mendapat  penghargaan,  penghargaan tersebut  seperti  memberi  pujian,  tepuk tangan  dan  acungan  jempol.  Selain  itu dalam  peroses  pembelajaran  anak  juga sudah  terbiasa  belajar  secara  mandiri maupun  secara  berkelompok  namun  tetap terarah  selain  bisa  belajar  bersama-sama anak  juga  mengalami  kegembiraan,  yaitu bangkitnya  minat  dalam  melakukan kegiatan  belajar  menggambar  bebas, keterlibatan  penuh  anak  dan  menjadikan pembelajaran  yang  dilakukan  bermakna. Implementasi  metode  ini  memberikan pengaruh  positif  untuk  meningkatkan kreativitas  anak  dan  juga  berdampak  bagi perkembangan anak. Penelitian  dihentikan  pada  siklus  II karena  pada  siklus  II  telah  diperoleh  data bahwa  peningkatan  kreativitas  anak  telah mencapai kriteria keberhasilan yang sudah ditentukan melalui metode pemberian tugas untuk  meningkatkan  kreativitas  anak melalui  kegiatan  menggambar  bebas  pada kelompok  B  semester  II   tahun  pelajaran 2013/2014  di  TK  Panji  Widia  Kumara Singaraja.

Kekuatan Penelitian
1.      Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.
2.      Menggunakan banyak teori para ahli.
3.      Pemaparan peneliti sangat jelas.
Kelemahan penelitian
Kelemahan penelitian ini adalah pada saat penelitian, peneliti membagi anak menjadi beberapa kelompok, yang terdiri dari 5-7 orang, yang sebaiknya anak tidak dibagi menjadi beberapa kelompok.  


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN OBSERVASI ASPEK PERKEMBANGAN ANAK

Proposal Masalah Sosial Di Masyarakat