Review Jurnal
Review Jurnal
Judul
|
Penerapan
Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan
Menggambar Bebas
|
Jurnal
|
e-Journal PG-PAUD Universitas
Pendidikan Ganesha
Jurusan PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
|
Volume
|
Volume 2 No 1
|
Tahun
|
2014
|
Penulis
|
Ni Putu Eka Tirtayati, Ni Ketut Suarni & Mutiara Magta
|
Reviewer
|
HENI SAFITRI HASBUR (105450006015)
|
Tanggal
|
01 Juni 2017
|
Tujuan Penelitian
|
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui
peningkatan kreativitas anak
melalui menggambar bebas dengan
metode pemberian tugas
pada kelompok B semester
II tahun pelajaran 2013/2014 di TK Panji Widia
Kumara Singaraja.
|
Subjek Penelitian
|
Penelitian ini
dilaksanakan dengan subjek
penelitian anak kelompok B TK Panji Widia Kumara Singaraja yang berjumlah 19
anak, terdiri dari 9 perempuan dan 10 laki-laki
|
Analisis Data
|
Data dalam
penelitian ini dianalisis dengan menggunakan
metode analisis deskriptif
kuantitatif.
|
Metode Penelitian
|
Jenis penelitian ini tergolong
Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
|
Hasil Penelitian
|
Dari hasil
observasi, pada siklus
I diperoleh data bahwa
rata-rata skor anak adalah
11,84 dan rata-rata
persentase kreativitas anak adalah
74,00%, jika di konversikan dengan
PAP skala lima
anak masuk kriteria sedang.
Dilihat dari refleksi terhadap pelaksanaan tindakan pada
siklus terlihat adanya kendala-kendala yang muncul
dalam proses pelaksanaannya. Kendala-kendala tersebut
disebabkan oleh beberapa hal
yaitu a). Masih ada beberapa anak yang kurang
baik memperhatikan materi pelajaran
yang dijelaskan. b).
Saat melakukan kegiatan menggambar,
masih banyak anak yang kurang disiplin waktu. Hal ini
terlihat dari kegiatan menggambar yang
melebihi batas waktu yang
telah ditetapkan. c).
Selama pelaksanaan pada siklus
I ini, anak
belum mampu bersosialisasi dengan
teman kelompok.Terlihat
anak belum bersikap sosial dalam
memberikan temannya
meminjamkan alat-alat menggambar. Bertolak dari kekurangan-kekurangan yang dihadapi pada siklus I, didiskusikan
kembali tindakan untuk selanjutnya
yang akan
diterapkan pada
siklus II. Perbaikan
yang dilakukan diantaranya a).
Sebelum melakukan tindakan pada
siklus II, anak diberikan penjelasan
tentang kegiatan menggambar,
agar anak memiliki kesiapan dalam
melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
metode pemberian tugas melalui
kegiatan menggambar bebas untuk
meningkatkan kognitif dan
antusias anak, b). Selalu
memberikan penghargaan kepada anak
yang sudah terlibat
dalam pembelajaran. Selain hal
tersebut peneliti memotivasi anak dengan
memberikan pertanyaan-pertanyaan
sederhana yang
berkaitan dengan
meningkatkan kognitif
anak, c). Peneliti
dengan dibantu guru kelompok B
perlu mengawasi dan mengingatkan anak
secara menyeluruh agar anak
dapat berhubungan sosial. Sehingga hubungan
sosial anak yang
satu
dengan anak
yang lainnya menjadi
lebih baik, d). Memberikan pemahaman
kepada anak agar anak
benar-benar memperhatikan baik kegiatan didalam kelas maupun kegiatan
sosial. Sehingga
peningkatan kreativitas anak
menjadi lebih
baik dan mengalami peningkatan.
Rancangan tindakan pada
siklus II yang merupakan
perbaikan tindakan pada siklus I,
memberikan peningkatan
kreativitas anak melalui
kegiatan menggambar bebas anak.
Dari hasil observasi, pada
akhir siklus II
diperoleh data bahwa rata-rata skor adalah 13,89 dan
rata-rata persentase
anak mencapai 86,81% jika
dikonversikan sengan PAP skala lima rata-rata persentase
peningkatan kreativitas anak termasuk
dalam kriteria tinggi, sehingga
rata-rata persentase kreativitas anak
dari siklus I ke siklus
II meningkat sebesar 12,81%
yaitu dari 74,00% pada siklus I
menjadi 86,81% pada siklus II. Pada
siklus II, anak
sudah mulai terbiasa menggunakan
metode pemberian tugas untuk
meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar bebas,
anak juga sangat antusias
dan kreativitas anak meningkat dalam menggambar dan
terlihat sangat senang dalam
mengikuti pelajaran dan anak
juga merasa semua
usahanya
mendapat penghargaan, penghargaan tersebut seperti
memberi pujian, tepuk tangan dan
acungan jempol. Selain
itu dalam peroses pembelajaran anak
juga sudah terbiasa belajar
secara mandiri maupun secara
berkelompok namun tetap terarah selain
bisa belajar bersama-sama anak juga
mengalami kegembiraan, yaitu bangkitnya minat
dalam melakukan kegiatan belajar
menggambar bebas,
keterlibatan penuh anak
dan menjadikan pembelajaran yang
dilakukan bermakna.
Implementasi metode ini
memberikan pengaruh
positif untuk meningkatkan kreativitas anak
dan juga berdampak
bagi perkembangan anak. Penelitian
dihentikan pada siklus
II karena pada siklus
II telah diperoleh
data bahwa peningkatan kreativitas
anak telah mencapai kriteria
keberhasilan yang sudah ditentukan melalui metode pemberian tugas untuk meningkatkan kreativitas
anak melalui kegiatan menggambar
bebas pada kelompok B
semester II tahun
pelajaran 2013/2014 di TK
Panji Widia Kumara Singaraja.
|
Kekuatan Penelitian
|
1.
Menggunakan
bahasa yang mudah dimengerti.
2.
Menggunakan
banyak teori para ahli.
3.
Pemaparan
peneliti sangat jelas.
|
Kelemahan penelitian
|
Kelemahan penelitian ini adalah pada
saat penelitian, peneliti membagi anak menjadi beberapa kelompok, yang
terdiri dari 5-7 orang, yang sebaiknya anak tidak dibagi menjadi beberapa
kelompok.
|
bisa minta conth jurnalnya kak
BalasHapus