LAPORAN OBSERVASI ASPEK PERKEMBANGAN ANAK
LAPORAN OBSERVASI
“Aspek Perkembangan Anak”

Oleh:
HENI
SAFITRI HASBUR
105450006015
PG
PAUD 15 B
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2017
A. PROFIL ANAK
![]() |
Nama
Anak :
Amelia Fitria Amnur
Alamat : BTN CITRA DAYA PERMAI 2 Blok B23 No 5
Usia :
22 Bulan
Tempat/Tanggal
Lahir :
Makassar, 18 Juli 2015
Jenis
kelamin :
Perempuan
Agama : Islam
Nama
Orang Tua
Ayah :
Amrullah.SE
Ibu :
Nuranita Sari Dewi.SE
Pekerjaan Orang Tua
Ayah :
Wiraswasta
Ibu :
Ibu Rumah Tangga
B. HASIL PENGAMATAN
Sosial Emosional
a. Dapat
berinteraksi dengan keluarga dan orang lain yang dekat dengan anak
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Bereaksi
apabila melihat wajah orang yang dikenal.
|
|
ü
|
|
|
2.
|
Menunjukkan
reaksi yang berbeda terhadap orang yang dikenal dan yang tidak dikenal.
Misalnya bersembunyi dibelakang orang terdekat (ibu, guru, pengasuh).
|
|
ü
|
|
|
b.
Dapat mengungkapkan suatu kebutuhan
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Menyatakan
keinginan dengan ekspresi emosi, misal merajuk, merengek, atau menangis.
|
|
|
ü
|
|
2.
|
Mengatakan
jika ingin buang air
|
ü
|
|
|
|
c.
Mulai dapat menunjukkan kemandirian
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Mulai
dapat makan sendiri.
|
|
|
ü
|
|
d.
Dapat mengekspresikan emosi secara wajar
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
mengekspresikan
berbagai reaksi emosi (senang, marah, takut, kecewa).
|
|
ü
|
|
|
Bahasa
a. Dapat
memahami perkataan orang lain secara sederhana
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Melaksanakan
beberapa perintah sederhana.
|
|
ü
|
|
|
2.
|
Bereaksi
terhadap larangan.
|
|
ü
|
|
|
3.
|
Meniru
kata dan suara.
|
|
ü
|
|
|
4.
|
Menunjukkan
bagian tubuh yang ditanyakan.
|
|
|
ü
|
|
b. Dapat
mengungkapkan keinginan dan pikirannya secara sederhana
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Mengucapkan
kalimat yang terdiri dari dua kata (seperti : mama makan).
|
ü
|
|
|
|
2.
|
Menyebutkan
nama dirinya.
|
ü
|
|
|
|
c. Mulai
menggunakan alat tulis untuk membuat gambar atau tulisan (premenulis)
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Berpura-pura
menulis dengan mencoret-coret tidak beraturan.
|
|
ü
|
|
|
2.
|
Mulai
menunjukkan hasil karyanya (coretan) kepada orang lain.
|
ü
|
|
|
|
Kognitif
a.
Dapat mengamati dan menggunakan
benda-benda di sekitarnya
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Menyebut
nama benda-benda sederhana.
|
ü
|
|
|
|
2.
|
Menunjukkan
minimal 4 anggota tubuh.
|
|
|
ü
|
|
3.
|
Menyebutkan
minimal 4 anggota tubuh.
|
ü
|
|
|
|
b.
Dapat merespon benda yang berada di
sekitarnya
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Mulai
dapat menemukan benda yang disembunyi.
|
ü
|
|
|
|
2.
|
Menolak
terhadap sesuatu yang tidak diinginkan.
|
|
ü
|
|
|
Fisik
Motorik
a.
Dapat menggerakkan anggota tubuh untuk
melatih otot tangan
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Membuat
coretan tidak beraturan dengan menggunakan pensil/spidol/krayon.
|
|
ü
|
|
|
2.
|
Menyusun
benda tanpa beraturan.
|
|
|
ü
|
|
3.
|
Memasukkan benda
kedalam ke kotak/wadah.
|
|
|
ü
|
|
4.
|
Memegang makanan
menggunaan jari-jari
|
|
|
ü
|
|
5.
|
Dapat memasang
sepatu/sendal
|
|
|
ü
|
|
b.Dapat
menggerakkan anggota tubuh untuk melatih otot kaki
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Berlari
ke berbagai arah.
|
ü
|
|
|
|
2.
|
Menaiki
tangga dengan bantuan.
|
|
|
ü
|
|
Seni
a. Dapat
menirukan gerak
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Menggerakkan
kepala, tangan atau kaki ketika mendengar suara music/ritmik.
|
|
|
ü
|
|
b.
Mulai mengenal aktivitas seni
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Dapat
melakukan aktivitas seni sederhana (misal: bernyanyi, menggambar dengan
mencoret)
|
|
ü
|
|
|
C.
PEMBAHASAN
1.
Perkembangan
Sosial Emosional
Pengamatan pertama
Waktu dan tempat
Hari/Tanggal :
Minggu, 07 Mei 2017
Lokasi :
Rumah
Waktu Kejadian : 10.00 sampai selesai
a. Dapat berinteraksi dengan keluarga dan orang
lain yang dekat dengan anak
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Bereaksi
apabila melihat wajah orang yang dikenal.
|
|
ü
|
|
|
2.
|
Menunjukkan
reaksi yang berbeda terhadap orang yang dikenal dan yang tidak dikenal.
Misalnya bersembunyi dibelakang orang terdekat (ibu, guru, pengasuh).
|
|
ü
|
|
|
b.
Dapat mengungkapkan suatu kebutuhan
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Menyatakan
keinginan dengan ekspresi emosi, misal merajuk, merengek, atau menangis.
|
|
|
ü
|
|
2.
|
Mengatakan
jika ingin buang air
|
ü
|
|
|
|
c.
Mulai dapat menunjukkan kemandirian
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Mulai
dapat makan sendiri.
|
|
|
ü
|
|
d.
Dapat mengekspresikan emosi secara wajar
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
mengekspresikan
berbagai reaksi emosi (senang, marah, takut, kecewa).
|
|
ü
|
|
|
Dari
hasil observasi yang saya dapatkan dari Indikator ceklist maka anak yang
bernama Amel ini menggambarkan perkembangannya anak mampu mengekspresikan
emosinya dan sudah mulai memperlihatkan kemandirian, misalnya:
1)
Bereaksi apabila melihat wajah orang yang
dikenal, contohnya Amel dapat bereaksi senang atau berlari jika melihat teman-temannya
yang sedang bermain di depan rumah dan langsung ikut bergabung dengan temannya
yang lain.
2)
Menunjukkan reaksi yang berbeda terhadap
orang yang dikenal dan yang tidak dikenal. Misalnya bersembunyi dibelakang
orang terdekat (ibu, guru, pengasuh). Contohnya pada saat Amel melihat ada tamu
yang datang kerumah, dia langsung bersembunyi di belakang ibunya karena dia
tergolong anak yang pemalu jika baru melihat orang.
3)
Menyatakan keinginan dengan ekspresi
emosi, misal merajuk, merengek, atau menangis. Contohnya pada saat Amel ingin
ikut dengan ibunya yang ingin keluar rumah untuk membeli sesuatu, terkadang
Amel menangis dengan keras dan tidak berhenti, dia akan berhenti menangis jika
ibunya sudah kembali kerumah.
4)
Mengatakan jika ingin buang air.
Perkembangan ini belum berkembang karena pada saat Amel tidak memakai popok dan
ingin buang air dia hanya berdiri dan terdiam.
5)
Mulai dapat makan sendiri. Contohnya
pada saat Amel makan, dia tidak mau di bantu atau disuap oleh ibunya. Terkadang
dia marah apabila ibunya ingin menyuapi Amel, walaupun terkadang pada saat
makan Amel membuang-buang makanan yang dimakan.
Berdasarkan hasil penelitian diatas
dapat disimpulkan bahwa perkembangan anak sudah sesuai dengan perkembangan yang
dikemukakan oleh Erick Erickson, yaitu pada tahap Otonomi vs Malu dan
Ragu-Ragu. Dimana pada tahap ini anak-anak ingin melakukan sesuatu sendiri,
jika ada peluang yang memadai, mereka belajar mandiri dan kompeten. Peluang
yang tidak memadai dan proteksi berlebihan di bidang professional menghasilkan
keraguan diri dan pencapaian prestasi yang buruk, anak-anak menjadi malu
terhadap kemampuan mereka.
2.
Perkembangan Bahasa
Pengamatan
Kedua
Waktu
dan tempat
Hari/Tanggal : Selasa, 9 Mei 2017
Lokasi : Rumah
Waktu Kejadian : 10.00 (pagi) sampai selesai
a. Dapat
memahami perkataan orang lain secara sederhana
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Melaksanakan
beberapa perintah sederhana.
|
|
ü
|
|
|
2.
|
Bereaksi
terhadap larangan.
|
|
ü
|
|
|
3.
|
Meniru
kata dan suara.
|
|
ü
|
|
|
4.
|
Menunjukkan
bagian tubuh yang ditanyakan.
|
|
|
ü
|
|
b. Dapat
mengungkapkan keinginan dan pikirannya secara sederhana
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Mengucapkan
kalimat yang terdiri dari dua kata (seperti : mama makan).
|
ü
|
|
|
|
2.
|
Menyebutkan
nama dirinya.
|
ü
|
|
|
|
c. Mulai
menggunakan alat tulis untuk membuat gambar atau tulisan (premenulis)
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Berpura-pura
menulis dengan mencoret-coret tidak beraturan.
|
|
ü
|
|
|
2.
|
Mulai
menunjukkan hasil karyanya (coretan) kepada orang lain.
|
ü
|
|
|
|
Berdasarkan table di atas dapat dilihat bahwa
perkembangn bahasa Amel sudah mulai berkembang walaupun masih ada yang belum
berkembang. Misalnya melaksanakan beberapa perintah sederhana, terkadang dia
akan menaati perintah yang diberikan oleh ayahnya misalnya pada saat dia di
perintahkan untuk mengambil air minum, dia akan mengambilkan air minum didapur
dan terkadang dia tidak menaati perintah tersebut. Apabila dia dilarang
membuang-buang makanan, dia biasanya langsung marah atau melempar makanan
tersebut. Amel sudah dapat menirukan suara, misalnya pada saat dia mendengar
suara tokek dia akan langsung menirukan suara tokek tersebut. Amel sudah dapat
menunjukkan bagian tubuh yang ditanyakan, misalnya pada saat ibunya bertanya
“mana pipinya amel?” dia akan langsung menunjuk pipinya, dan apabila ibunya
menanyakan bagian tubuh yang lain dia akan langsung menunjukkan anggota tubuh
yang lain. Amel belum bisa mengucapkan kalimat yang terdiri dari dua kata, dia
hanya bisa mengucapkan 1 kata misalnya “makan” dan dia belum bisa menyebutkan
namanya sendiri, dikarenakan dia memiliki keterlembatan dalam hal perkembangan
bahasa. Amel juga sudah dapat berpura-pura menulis dengan mencoret-coret tidak
beraturan, misalnya pada saat dia mendapatkan kertas dan spidol, dia akan
langsung mencoret-coret dengan tidak beraturan di kertas tersebut, namun dia
belum bisa menunjukkan hasil coretannya kepada orang lain.
Menurut Clara dan William Stern perkembangan
bahasa dibagi menjadi 2 tahapan, yang salah satunya adalah tahap kalimat dua
kata dan kalimat tiga kata. Dimana pada masa ini disebut juga masa member nama,
karena pada masa ini anak sudah menyadari bahwa setiap benda mempunyai nama.
Pada masa ini terjadi gejala kesukaran berbicara. Hal ini disebabkan karena
perkembangan pikiran dan perasaannya lebih cepat daripada perbendaharaan kata
yang dikuasainya. Untuk melengkapi kekurangan ini, anak melengkapinya dengan gerakan-gerakan
tangan, muka dan sebagainya. Gerakan-gerakan itu akan berkurang seiring
kemajuan perkembangan bahasa.
3.
Perkembangan Kognitif
Pengamatan
Ketiga
Waktu
dan tempat
Hari/Tanggal : Selasa, 9 Mei 2017 dan Kamis, 10
Mei 2017
Lokasi : Rumah
Waktu Kejadian : 10.00 (pagi) sampai selesai
a.
Dapat mengamati dan menggunakan
benda-benda di sekitarnya
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Menyebut
nama benda-benda sederhana.
|
ü
|
|
|
|
2.
|
Menunjukkan
minimal 4 anggota tubuh.
|
|
|
ü
|
|
3.
|
Menyebutkan
minimal 4 anggota tubuh.
|
ü
|
|
|
|
b.
Dapat merespon benda yang berada di
sekitarnya
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Mulai
dapat menemukan benda yang disembunyi.
|
ü
|
|
|
|
2.
|
Menolak
terhadap sesuatu yang tidak diinginkan.
|
|
ü
|
|
|
Dari
table di atas, dapat disimpulkan bahwa perkembangan kognitif Amel sudah ada
yang berkembang dan ada juga yang belum berkembang. Misalnya, dia belum bisa
menyebutkan nama benda-benda sederhana, akan tetapi apabila dia di perintahkan
untuk mengambil benda yang ada di sekitarnya, dia akan mengambilnya. Dia sudah
mengetaui benda-benda disekitarnya, akan tetapi belum bisa disebutkannya.
Amelia sudah mengenal bagian-bagian tubuhnya, akan tetapi belum bisa
menyebutkan nama bagian tubuhnya. Dia juga belum bisa menemukan benda-benda
yang disembunyikan, akan teatpi dia sudah bisa menolak terhadap sesuatu yang
tidak diinginkannya. Misalnya pada saat dia tidak mau minum obat pada saat dia
sakit, dia akan menangis dan apabila dia tidak mau di foto, dia akan memalingkan
wajahnya dan menangis.
Perkembangan
anak sudah sesuai dengan tahap perkembangan kognitif menurut Jean Piaget yaitu
pada tahaap sensorimotor. Pada tahap ini, kemampuan anak terbatas pada gerak
reflex dan panca inderanya. Anak tidak dapat mempertimbangkan kebutuhan,
keinginan, atau kepentingan orang lain. Maka dari itu, anak dianggap
egosentris.
4.
Perkembangan
Fisik Motorik
Pengamatan keempat
Waktu dan tempat
Tanggal :
10, 12 dan 14 Mei 2017
Lokasi :
Rumah dan Tempat Wisata Bintang Galesong
Waktu Kejadian : 10.00 (pagi) sampai selesai
a.
Dapat
menggerakkan anggota tubuh untuk melatih otot tangan
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Membuat
coretan tidak beraturan dengan menggunakan pensil/spidol/krayon.
|
|
ü
|
|
|
2.
|
Menyusun
benda tanpa beraturan.
|
|
|
ü
|
|
3.
|
Memasukkan benda
kedalam ke kotak/wadah.
|
|
|
ü
|
|
4.
|
Memegang makanan
menggunaan jari-jari
|
|
|
ü
|
|
5.
|
Dapat memasang
sepatu/sendal
|
|
|
ü
|
|
b.Dapat
menggerakkan anggota tubuh untuk melatih otot kaki
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Berlari
ke berbagai arah.
|
ü
|
|
|
|
2.
|
Menaiki
tangga dengan bantuan.
|
|
|
ü
|
|
Berdasarkan
table diatas, dapat disimpulkan bahwa Perkembangan Fisik Motorik Amel sudah
mulai berkembang, akan tetapi masih ada perkembangan fisik motorik yang belum
berkembang. Misalnya, Amel sudah dapat membuat coretan tidak beraturan
manggunakan pensil/spidol/krayon. Amel sudah dapat menyusun benda tanpa
beraturan, misalnya Amel menyusun mainan yang berbahan plastic, terkadang dia
menyusun dengan benar dan terkadang dia menyusun tanpa beraturan. Dia sudah
dapat memasukkan benda kedalam wadah, misalnya memasukkan permen kedalam
plastiknya dan dia juga sudah dapat memasang sapatu/sandal dengan benar,
walaupun pada saat pengamatan dia memasang sepatu di kaki kanan dan memasang
sandal di kaki kiri.
Dilihat
dari segi perkembangan fisik motorik bagian melatih otot kaki, dia sudah mulai
berlari ke berbagai arah, dia juga bisa menaiki tangga tanpa bantuan, akan
tetapi ketika dia bermain prosotan dia naik ke prosotan tidak melalu tangga
prosotan tersebut, melainkan dia naik keprostan melalui bagian yang dipakai
untuk meluncur sehingga ketika menaiki prosotan dia dibantu oleh ibunya.
5.
Perkembangan
Seni
Pengamatan
Kelima
Waktu
dan tempat
Hari/Tanggal : Minggu, 14 Mei 2017
Lokasi : Rumah
Waktu Kejadian :
07.00 (malam) sampai selesai
a.
Dapat menirukan gerak
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Menggerakkan
kepala, tangan atau kaki ketika mendengar suara music/ritmik.
|
|
|
ü
|
|
b.
Mulai mengenal aktivitas seni
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Dapat
melakukan aktivitas seni sederhana (issal: bernyanyi, menggambar dengan
mencoret)
|
|
ü
|
|
|
Berdasarkan
table di atas, dapat disimpulkan bahwa perkembangan seni Amel sudah mulai
berkembang. Misalnya, dia sudah dapat bergerak bebas dengan irama music seperti
pada saat pengamatan dia bergerak bebas ketika mendengar music, selain bergerak
bebas dia juga dapat menggerakkan anggota tubuhnya pada saat mendengar music.
Dia juga dapat melakukan aktivitas seni, misalnya dia sudah mulai bisa
menyanyikan lagu anak-anak, akan tetapi ketika bernyanyi dia terkadang lirik
lagu tersebut tidak jelas dan terpenggal-penggal dikarenakan keterlambatan
aspek perkembangan bahasa sang anak.
DAFTAR
PUSTAKA
digilib.unismus.ac.id/download.php?id=10038
http://paudjateng.xahzgs.com/2015/09/teori-perkembangan-bahasa-anak-usia-dini.html?m=1
Morrison George. Dasar-dasar Pendidikan
Anak Usia Dini. Jakarta:PT Indeks.2012
Permendikbud No. 146
Tahun 2014
Najib Muhammad.dkk. Manajemen Strategic Pendidikan Karakter Bagi
Anak Usia Dini. Yogyakarta:Gava Media. 2016
Checklist
Indikator Perkembangan Anak Usia 1-2 Tahun
Permendikbud No. 146 Tahun 2014
Najib Muhammad.dkk.
2016. Manajemen Strategic Pendidikan
Karakter Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta:Gava Media
Nama :
Amelia Fitria Amnur
Umur : 22 Bulan
Sosial Emosional
e. Dapat
berinteraksi dengan keluarga dan orang lain yang dekat dengan anak
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Bereaksi
apabila melihat wajah orang yang dikenal.
|
|
ü
|
|
|
2.
|
Menunjukkan
reaksi yang berbeda terhadap orang yang dikenal dan yang tidak dikenal.
Misalnya bersembunyi dibelakang orang terdekat (ibu, guru, pengasuh).
|
|
ü
|
|
|
f.
Dapat mengungkapkan suatu kebutuhan
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Menyatakan
keinginan dengan ekspresi emosi, misal merajuk, merengek, atau menangis.
|
|
|
ü
|
|
2.
|
Mengatakan
jika ingin buang air
|
ü
|
|
|
|
g.
Mulai dapat menunjukkan kemandirian
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Mulai
dapat makan sendiri.
|
|
|
ü
|
|
h.
Dapat mengekspresikan emosi secara wajar
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
mengekspresikan
berbagai reaksi emosi (senang, marah, takut, kecewa).
|
|
ü
|
|
|
Bahasa
d. Dapat
memahami perkataan orang lain secara sederhana
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Melaksanakan
beberapa perintah sederhana.
|
|
ü
|
|
|
2.
|
Bereaksi
terhadap larangan.
|
|
ü
|
|
|
3.
|
Meniru
kata dan suara.
|
|
ü
|
|
|
4.
|
Menunjukkan
bagian tubuh yang ditanyakan.
|
|
|
ü
|
|
e. Dapat
mengungkapkan keinginan dan pikirannya secara sederhana
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Mengucapkan
kalimat yang terdiri dari dua kata (seperti : mama makan).
|
ü
|
|
|
|
2.
|
Menyebutkan
nama dirinya.
|
ü
|
|
|
|
f. Mulai
menggunakan alat tulis untuk membuat gambar atau tulisan (premenulis)
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Berpura-pura
menulis dengan mencoret-coret tidak beraturan.
|
|
ü
|
|
|
2.
|
Mulai
menunjukkan hasil karyanya (coretan) kepada orang lain.
|
ü
|
|
|
|
Kognitif
c.
Dapat mengamati dan menggunakan
benda-benda di sekitarnya
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Menyebut
nama benda-benda sederhana.
|
ü
|
|
|
|
2.
|
Menunjukkan
minimal 4 anggota tubuh.
|
|
|
ü
|
|
3.
|
Menyebutkan
minimal 4 anggota tubuh.
|
ü
|
|
|
|
d.
Dapat merespon benda yang berada di
sekitarnya
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Mulai
dapat menemukan benda yang disembunyi.
|
ü
|
|
|
|
2.
|
Menolak
terhadap sesuatu yang tidak diinginkan.
|
|
ü
|
|
|
Fisik
Motorik
c.
Dapat menggerakkan anggota tubuh untuk
melatih otot tangan
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Membuat
coretan tidak beraturan dengan menggunakan pensil/spidol/krayon.
|
|
ü
|
|
|
2.
|
Menyusun
benda tanpa beraturan.
|
|
|
ü
|
|
3.
|
Memasukkan benda
kedalam ke kotak/wadah.
|
|
|
ü
|
|
4.
|
Memegang makanan
menggunaan jari-jari
|
|
|
ü
|
|
5.
|
Dapat memasang
sepatu/sendal
|
|
|
ü
|
|
d.
Dapat menggerakkan anggota tubuh untuk
melatih otot kaki
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Berlari
ke berbagai arah.
|
ü
|
|
|
|
2.
|
Menaiki
tangga dengan bantuan.
|
|
|
ü
|
|
Seni
c. Dapat
menirukan gerak
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Menggerakkan
kepala, tangan atau kaki ketika mendengar suara music/ritmik.
|
|
|
ü
|
|
d.
Mulai mengenal aktivitas seni
No.
|
Indikator
|
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
1.
|
Dapat
melakukan aktivitas seni sederhana (misal: bernyanyi, menggambar dengan
mencoret)
|
|
ü
|
|
|



![]() |
|||
![]() |
BSH DAN BSB itu apa?
BalasHapussaya ambil yaa. buat tugas kuliah. terimakasihh
BalasHapus