LAPORAN OBSERVASI ASPEK PERKEMBANGAN ANAK

 LAPORAN OBSERVASI
“Aspek Perkembangan Anak”
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh8KFDMoJokNWSQKjjN2aCWUPER0MzKTdOfzOq4nmVzDX_vjr_DxeRPbdQEbtLa-M1PsmZ-uZvdbH4tfqaiYGS1TPYSsiGLovcMUYYbrb8QDxMBYl83Epc-5zJYgGyqf5GK1qeZnDsB2jxx/s1600/coba+bening.jpg

Oleh:
HENI SAFITRI HASBUR
105450006015
PG PAUD 15 B







PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

2017





A.    PROFIL ANAK
 







Nama Anak                             :  Amelia Fitria Amnur
Alamat                                    :  BTN CITRA DAYA PERMAI 2 Blok B23  No 5
Usia                                         :  22 Bulan
Tempat/Tanggal Lahir :  Makassar, 18 Juli 2015
Jenis kelamin                           :  Perempuan
Agama                                     :  Islam
Nama Orang Tua
Ayah                                       :  Amrullah.SE
Ibu                                           :  Nuranita Sari Dewi.SE
 Pekerjaan Orang Tua
Ayah                                       :  Wiraswasta
Ibu                                           :  Ibu Rumah Tangga

B.     HASIL PENGAMATAN
Sosial Emosional
a.       Dapat berinteraksi dengan keluarga dan orang lain yang dekat dengan anak
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Bereaksi apabila melihat wajah orang yang dikenal.

ü   


2.
Menunjukkan reaksi yang berbeda terhadap orang yang dikenal dan yang tidak dikenal. Misalnya bersembunyi dibelakang orang terdekat (ibu, guru, pengasuh).

ü   




b.      Dapat mengungkapkan suatu kebutuhan
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Menyatakan keinginan dengan ekspresi emosi, misal merajuk, merengek, atau menangis.


ü   

2.
Mengatakan jika ingin buang air
ü   





c.       Mulai dapat menunjukkan kemandirian
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Mulai dapat makan sendiri.


ü   


d.      Dapat mengekspresikan emosi secara wajar
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
mengekspresikan berbagai reaksi emosi (senang, marah, takut, kecewa).

ü   


           

Bahasa

a.       Dapat memahami perkataan orang lain secara sederhana
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Melaksanakan beberapa perintah sederhana.

ü   


2.
Bereaksi terhadap larangan.

ü   


3.
Meniru kata dan suara.

ü   


4.
Menunjukkan bagian tubuh yang ditanyakan.


ü   


b.      Dapat mengungkapkan keinginan dan pikirannya secara sederhana  
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Mengucapkan kalimat yang terdiri dari dua kata (seperti : mama makan).
ü   



2.
Menyebutkan nama dirinya.
ü   




c.       Mulai menggunakan alat tulis untuk membuat gambar atau tulisan (premenulis)
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Berpura-pura menulis dengan mencoret-coret tidak beraturan.

ü   


2.
Mulai menunjukkan hasil karyanya (coretan) kepada orang lain.
ü   




Kognitif

a.       Dapat mengamati dan menggunakan benda-benda di sekitarnya
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Menyebut nama benda-benda sederhana.
ü   



2.
Menunjukkan minimal 4 anggota tubuh.


ü   

3.
Menyebutkan minimal 4 anggota tubuh.
ü   





b.      Dapat merespon benda yang berada di sekitarnya
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Mulai dapat menemukan benda yang disembunyi.
ü   



2.
Menolak terhadap sesuatu yang tidak diinginkan.

ü   




Fisik Motorik

a. Dapat menggerakkan anggota tubuh untuk melatih otot tangan
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Membuat coretan tidak beraturan dengan menggunakan pensil/spidol/krayon.

ü   


2.
Menyusun benda tanpa beraturan.


ü   

3.
Memasukkan benda kedalam ke kotak/wadah.


ü   

4.
Memegang makanan menggunaan jari-jari


ü   

5.
Dapat memasang sepatu/sendal


ü   


b.Dapat menggerakkan anggota tubuh untuk melatih otot kaki
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Berlari ke berbagai arah.
ü   



2.
Menaiki tangga dengan bantuan.


ü   


Seni
a.       Dapat menirukan gerak
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Menggerakkan kepala, tangan atau kaki ketika mendengar suara music/ritmik.


ü   


b.      Mulai mengenal aktivitas seni
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Dapat melakukan aktivitas seni sederhana (misal: bernyanyi, menggambar dengan mencoret)

ü   




C.    PEMBAHASAN
1.      Perkembangan Sosial Emosional
Pengamatan pertama
Waktu dan tempat
Hari/Tanggal                     : Minggu, 07 Mei 2017                   
Lokasi                               : Rumah
Waktu Kejadian                : 10.00  sampai selesai
a.        Dapat berinteraksi dengan keluarga dan orang lain yang dekat dengan anak
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Bereaksi apabila melihat wajah orang yang dikenal.

ü   


2.
Menunjukkan reaksi yang berbeda terhadap orang yang dikenal dan yang tidak dikenal. Misalnya bersembunyi dibelakang orang terdekat (ibu, guru, pengasuh).

ü   


b.      Dapat mengungkapkan suatu kebutuhan
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Menyatakan keinginan dengan ekspresi emosi, misal merajuk, merengek, atau menangis.


ü   

2.
Mengatakan jika ingin buang air
ü   




c.       Mulai dapat menunjukkan kemandirian
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Mulai dapat makan sendiri.


ü   


d.      Dapat mengekspresikan emosi secara wajar
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
mengekspresikan berbagai reaksi emosi (senang, marah, takut, kecewa).

ü   


           
Dari hasil observasi yang saya dapatkan dari Indikator ceklist maka anak yang bernama Amel ini menggambarkan perkembangannya anak mampu mengekspresikan emosinya dan sudah mulai memperlihatkan kemandirian, misalnya:
1)      Bereaksi apabila melihat wajah orang yang dikenal, contohnya Amel dapat bereaksi senang atau berlari jika melihat teman-temannya yang sedang bermain di depan rumah dan langsung ikut bergabung dengan temannya yang lain.
2)      Menunjukkan reaksi yang berbeda terhadap orang yang dikenal dan yang tidak dikenal. Misalnya bersembunyi dibelakang orang terdekat (ibu, guru, pengasuh). Contohnya pada saat Amel melihat ada tamu yang datang kerumah, dia langsung bersembunyi di belakang ibunya karena dia tergolong anak yang pemalu jika baru melihat orang.
3)      Menyatakan keinginan dengan ekspresi emosi, misal merajuk, merengek, atau menangis. Contohnya pada saat Amel ingin ikut dengan ibunya yang ingin keluar rumah untuk membeli sesuatu, terkadang Amel menangis dengan keras dan tidak berhenti, dia akan berhenti menangis jika ibunya sudah kembali kerumah.
4)      Mengatakan jika ingin buang air. Perkembangan ini belum berkembang karena pada saat Amel tidak memakai popok dan ingin buang air dia hanya berdiri dan terdiam.
5)      Mulai dapat makan sendiri. Contohnya pada saat Amel makan, dia tidak mau di bantu atau disuap oleh ibunya. Terkadang dia marah apabila ibunya ingin menyuapi Amel, walaupun terkadang pada saat makan Amel membuang-buang makanan yang dimakan.
              Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa perkembangan anak sudah sesuai dengan perkembangan yang dikemukakan oleh Erick Erickson, yaitu pada tahap Otonomi vs Malu dan Ragu-Ragu. Dimana pada tahap ini anak-anak ingin melakukan sesuatu sendiri, jika ada peluang yang memadai, mereka belajar mandiri dan kompeten. Peluang yang tidak memadai dan proteksi berlebihan di bidang professional menghasilkan keraguan diri dan pencapaian prestasi yang buruk, anak-anak menjadi malu terhadap kemampuan mereka.   
2.      Perkembangan Bahasa
Pengamatan Kedua
Waktu dan tempat
Hari/Tanggal               : Selasa, 9 Mei 2017                 
Lokasi                         : Rumah
Waktu Kejadian          : 10.00 (pagi) sampai selesai

a.       Dapat memahami perkataan orang lain secara sederhana
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Melaksanakan beberapa perintah sederhana.

ü   


2.
Bereaksi terhadap larangan.

ü   


3.
Meniru kata dan suara.

ü   


4.
Menunjukkan bagian tubuh yang ditanyakan.


ü   


b.      Dapat mengungkapkan keinginan dan pikirannya secara sederhana  
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Mengucapkan kalimat yang terdiri dari dua kata (seperti : mama makan).
ü   



2.
Menyebutkan nama dirinya.
ü   



c.       Mulai menggunakan alat tulis untuk membuat gambar atau tulisan (premenulis)
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Berpura-pura menulis dengan mencoret-coret tidak beraturan.

ü   


2.
Mulai menunjukkan hasil karyanya (coretan) kepada orang lain.
ü   




Berdasarkan table di atas dapat dilihat bahwa perkembangn bahasa Amel sudah mulai berkembang walaupun masih ada yang belum berkembang. Misalnya melaksanakan beberapa perintah sederhana, terkadang dia akan menaati perintah yang diberikan oleh ayahnya misalnya pada saat dia di perintahkan untuk mengambil air minum, dia akan mengambilkan air minum didapur dan terkadang dia tidak menaati perintah tersebut. Apabila dia dilarang membuang-buang makanan, dia biasanya langsung marah atau melempar makanan tersebut. Amel sudah dapat menirukan suara, misalnya pada saat dia mendengar suara tokek dia akan langsung menirukan suara tokek tersebut. Amel sudah dapat menunjukkan bagian tubuh yang ditanyakan, misalnya pada saat ibunya bertanya “mana pipinya amel?” dia akan langsung menunjuk pipinya, dan apabila ibunya menanyakan bagian tubuh yang lain dia akan langsung menunjukkan anggota tubuh yang lain. Amel belum bisa mengucapkan kalimat yang terdiri dari dua kata, dia hanya bisa mengucapkan 1 kata misalnya “makan” dan dia belum bisa menyebutkan namanya sendiri, dikarenakan dia memiliki keterlembatan dalam hal perkembangan bahasa. Amel juga sudah dapat berpura-pura menulis dengan mencoret-coret tidak beraturan, misalnya pada saat dia mendapatkan kertas dan spidol, dia akan langsung mencoret-coret dengan tidak beraturan di kertas tersebut, namun dia belum bisa menunjukkan hasil coretannya kepada orang lain.
  Menurut Clara dan William Stern perkembangan bahasa dibagi menjadi 2 tahapan, yang salah satunya adalah tahap kalimat dua kata dan kalimat tiga kata. Dimana pada masa ini disebut juga masa member nama, karena pada masa ini anak sudah menyadari bahwa setiap benda mempunyai nama. Pada masa ini terjadi gejala kesukaran berbicara. Hal ini disebabkan karena perkembangan pikiran dan perasaannya lebih cepat daripada perbendaharaan kata yang dikuasainya. Untuk melengkapi kekurangan ini, anak melengkapinya dengan gerakan-gerakan tangan, muka dan sebagainya. Gerakan-gerakan itu akan berkurang seiring kemajuan perkembangan bahasa.        
3.      Perkembangan Kognitif 
Pengamatan Ketiga
Waktu dan tempat
Hari/Tanggal               : Selasa, 9 Mei 2017 dan Kamis, 10 Mei 2017                 
Lokasi                         : Rumah
Waktu Kejadian          : 10.00 (pagi) sampai selesai
          
a.       Dapat mengamati dan menggunakan benda-benda di sekitarnya
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Menyebut nama benda-benda sederhana.
ü   



2.
Menunjukkan minimal 4 anggota tubuh.


ü   

3.
Menyebutkan minimal 4 anggota tubuh.
ü   




b.      Dapat merespon benda yang berada di sekitarnya
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Mulai dapat menemukan benda yang disembunyi.
ü   



2.
Menolak terhadap sesuatu yang tidak diinginkan.

ü   



Dari table di atas, dapat disimpulkan bahwa perkembangan kognitif Amel sudah ada yang berkembang dan ada juga yang belum berkembang. Misalnya, dia belum bisa menyebutkan nama benda-benda sederhana, akan tetapi apabila dia di perintahkan untuk mengambil benda yang ada di sekitarnya, dia akan mengambilnya. Dia sudah mengetaui benda-benda disekitarnya, akan tetapi belum bisa disebutkannya. Amelia sudah mengenal bagian-bagian tubuhnya, akan tetapi belum bisa menyebutkan nama bagian tubuhnya. Dia juga belum bisa menemukan benda-benda yang disembunyikan, akan teatpi dia sudah bisa menolak terhadap sesuatu yang tidak diinginkannya. Misalnya pada saat dia tidak mau minum obat pada saat dia sakit, dia akan menangis dan apabila dia tidak mau di foto, dia akan memalingkan wajahnya dan menangis.
Perkembangan anak sudah sesuai dengan tahap perkembangan kognitif menurut Jean Piaget yaitu pada tahaap sensorimotor. Pada tahap ini, kemampuan anak terbatas pada gerak reflex dan panca inderanya. Anak tidak dapat mempertimbangkan kebutuhan, keinginan, atau kepentingan orang lain. Maka dari itu, anak dianggap egosentris.
4.      Perkembangan Fisik Motorik
Pengamatan keempat
Waktu dan tempat
Tanggal                          : 10, 12 dan 14 Mei 2017
Lokasi                            : Rumah dan Tempat Wisata Bintang Galesong
Waktu Kejadian             : 10.00 (pagi) sampai selesai

a.        Dapat menggerakkan anggota tubuh untuk melatih otot tangan
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Membuat coretan tidak beraturan dengan menggunakan pensil/spidol/krayon.

ü   


2.
Menyusun benda tanpa beraturan.


ü   

3.
Memasukkan benda kedalam ke kotak/wadah.


ü   

4.
Memegang makanan menggunaan jari-jari


ü   

5.
Dapat memasang sepatu/sendal


ü   

b.Dapat menggerakkan anggota tubuh untuk melatih otot kaki
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Berlari ke berbagai arah.
ü   



2.
Menaiki tangga dengan bantuan.


ü   


Berdasarkan table diatas, dapat disimpulkan bahwa Perkembangan Fisik Motorik Amel sudah mulai berkembang, akan tetapi masih ada perkembangan fisik motorik yang belum berkembang. Misalnya, Amel sudah dapat membuat coretan tidak beraturan manggunakan pensil/spidol/krayon. Amel sudah dapat menyusun benda tanpa beraturan, misalnya Amel menyusun mainan yang berbahan plastic, terkadang dia menyusun dengan benar dan terkadang dia menyusun tanpa beraturan. Dia sudah dapat memasukkan benda kedalam wadah, misalnya memasukkan permen kedalam plastiknya dan dia juga sudah dapat memasang sapatu/sandal dengan benar, walaupun pada saat pengamatan dia memasang sepatu di kaki kanan dan memasang sandal di kaki kiri.
Dilihat dari segi perkembangan fisik motorik bagian melatih otot kaki, dia sudah mulai berlari ke berbagai arah, dia juga bisa menaiki tangga tanpa bantuan, akan tetapi ketika dia bermain prosotan dia naik ke prosotan tidak melalu tangga prosotan tersebut, melainkan dia naik keprostan melalui bagian yang dipakai untuk meluncur sehingga ketika menaiki prosotan dia dibantu oleh ibunya.
5.      Perkembangan Seni
Pengamatan Kelima
Waktu dan tempat
Hari/Tanggal                  : Minggu, 14 Mei 2017                  
Lokasi                            : Rumah
Waktu Kejadian             : 07.00 (malam) sampai selesai
            
a.       Dapat menirukan gerak
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Menggerakkan kepala, tangan atau kaki ketika mendengar suara music/ritmik.


ü   


b.      Mulai mengenal aktivitas seni
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Dapat melakukan aktivitas seni sederhana (issal: bernyanyi, menggambar dengan mencoret)

ü   



Berdasarkan table di atas, dapat disimpulkan bahwa perkembangan seni Amel sudah mulai berkembang. Misalnya, dia sudah dapat bergerak bebas dengan irama music seperti pada saat pengamatan dia bergerak bebas ketika mendengar music, selain bergerak bebas dia juga dapat menggerakkan anggota tubuhnya pada saat mendengar music. Dia juga dapat melakukan aktivitas seni, misalnya dia sudah mulai bisa menyanyikan lagu anak-anak, akan tetapi ketika bernyanyi dia terkadang lirik lagu tersebut tidak jelas dan terpenggal-penggal dikarenakan keterlambatan aspek perkembangan bahasa sang anak.      
DAFTAR PUSTAKA
digilib.unismus.ac.id/download.php?id=10038
http://paudjateng.xahzgs.com/2015/09/teori-perkembangan-bahasa-anak-usia-dini.html?m=1
Morrison George. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:PT Indeks.2012
Permendikbud No. 146 Tahun 2014
Najib Muhammad.dkk. Manajemen Strategic Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta:Gava Media. 2016













Checklist Indikator Perkembangan Anak Usia 1-2 Tahun
Sumber           :  http://www.rumahinspirasi.com
                          Permendikbud No. 146 Tahun 2014
                          Najib Muhammad.dkk. 2016. Manajemen Strategic Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta:Gava Media

Nama               :  Amelia Fitria Amnur
Umur               :  22 Bulan
Sosial Emosional
e.       Dapat berinteraksi dengan keluarga dan orang lain yang dekat dengan anak
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Bereaksi apabila melihat wajah orang yang dikenal.

ü   


2.
Menunjukkan reaksi yang berbeda terhadap orang yang dikenal dan yang tidak dikenal. Misalnya bersembunyi dibelakang orang terdekat (ibu, guru, pengasuh).

ü   




f.       Dapat mengungkapkan suatu kebutuhan
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Menyatakan keinginan dengan ekspresi emosi, misal merajuk, merengek, atau menangis.


ü   

2.
Mengatakan jika ingin buang air
ü   




g.      Mulai dapat menunjukkan kemandirian
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Mulai dapat makan sendiri.


ü   


h.      Dapat mengekspresikan emosi secara wajar
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
mengekspresikan berbagai reaksi emosi (senang, marah, takut, kecewa).

ü   


           

Bahasa

d.      Dapat memahami perkataan orang lain secara sederhana
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Melaksanakan beberapa perintah sederhana.

ü   


2.
Bereaksi terhadap larangan.

ü   


3.
Meniru kata dan suara.

ü   


4.
Menunjukkan bagian tubuh yang ditanyakan.


ü   


e.       Dapat mengungkapkan keinginan dan pikirannya secara sederhana  
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Mengucapkan kalimat yang terdiri dari dua kata (seperti : mama makan).
ü   



2.
Menyebutkan nama dirinya.
ü   




f.       Mulai menggunakan alat tulis untuk membuat gambar atau tulisan (premenulis)
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Berpura-pura menulis dengan mencoret-coret tidak beraturan.

ü   


2.
Mulai menunjukkan hasil karyanya (coretan) kepada orang lain.
ü   





Kognitif

c.       Dapat mengamati dan menggunakan benda-benda di sekitarnya
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Menyebut nama benda-benda sederhana.
ü   



2.
Menunjukkan minimal 4 anggota tubuh.


ü   

3.
Menyebutkan minimal 4 anggota tubuh.
ü   





d.      Dapat merespon benda yang berada di sekitarnya
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Mulai dapat menemukan benda yang disembunyi.
ü   



2.
Menolak terhadap sesuatu yang tidak diinginkan.

ü   







Fisik Motorik

c. Dapat menggerakkan anggota tubuh untuk melatih otot tangan
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Membuat coretan tidak beraturan dengan menggunakan pensil/spidol/krayon.

ü   


2.
Menyusun benda tanpa beraturan.


ü   

3.
Memasukkan benda kedalam ke kotak/wadah.


ü   

4.
Memegang makanan menggunaan jari-jari


ü   

5.
Dapat memasang sepatu/sendal


ü   

d.      Dapat menggerakkan anggota tubuh untuk melatih otot kaki
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Berlari ke berbagai arah.
ü   



2.
Menaiki tangga dengan bantuan.


ü   


Seni
c.       Dapat menirukan gerak
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Menggerakkan kepala, tangan atau kaki ketika mendengar suara music/ritmik.


ü   


d.      Mulai mengenal aktivitas seni
No.
Indikator
BB
MB
BSH
BSB
1.
Dapat melakukan aktivitas seni sederhana (misal: bernyanyi, menggambar dengan mencoret)

ü   



PhotoGrid_1495011646565.jpgLAMPIRAN DOKUMENTASI
PhotoGrid_1495012115708.jpg 



         

























PhotoGrid_1495012942925.jpg 































PhotoGrid_1495013127027.jpg
PhotoGrid_1495012294205.jpg
 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proposal Masalah Sosial Di Masyarakat

Review Jurnal